Minggu, 15 Maret 2020

Banyak faktor yang menjadi penyebab haid tidak teratur, sebagian diantaranya mungkin bisa dikatakan sebagai hal yang normal terjadi. Namun jika bisa saja adalah kondisi yang berbahaya sehingga berdampak pada kesehatan, seperti diantaranya adalah resiko penyakit. Untuk itulah jika seandainya kondisi tersebut berlangsung cukup lama maka wajib segera dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk selanjutnya menjalani tindak pengobatan.

Faktanya sendiri memang banyak diantara wanita yang merasa kurang nyaman ketika menstruasi datang, apalagi dengan adanya keluhan-keluhan semacam rasa gatal, nyeri sampai dengan keputihan berbau. Kondisi tersebut bisa dipicu oleh banyak faktor, mulai dari jarang mengganti pembalut, perubahan yang terjadi pada pH di vagina dan yang lainnya. berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan dari vagina ketika datang bulan, yaitu:

1.    Hendaknya bersihkanlah vagina Anda secara rutin, apalagi sebelum nantinya mengganti pembalut dengan yang baru, gua mencegah perkembangbiakan bakteri maupun virus.
2.    Pakailah pembalut yang aman, pembalut yang tidak tepat ternyata juga bisa menjadi pemicu masalah pada vagina Anda, untuk itu pilihlah merk yang sudah teruji secara klinis aman digunakan layaknya Laurier.
3.    Hendaknya gunakan pakaian dalam yang nyaman dan juga menyerap keringat, biasanya terbuat dari bahan katun yang memang nyaman digunakan.
4.    Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan juga setelah mengganti pembalut Anda tersebut, sehingga tidak memungkinkan adanya bakteri maupun jamur yang terbawa.
5.    Pastikan untuk rutin di dalam mengganti pembalut, entah itu pada saat kondisi menstruasi yang benar-benar banyak maupun tidak, setidaknya adalah sekitar 3 jam sekali, untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Selain itu juga sebenarnya memungkinkan Anda untuk lebih nyaman.

Jika seandainya mengalami masalah dengan siklus haid maka ada baiknya untuk segera dilakukan konsultasi ke dokter, sehingga nantinya akan ditemukan cara melancarkan haid, karena tidak semuanya berhubungan dengan penyakit, maka bisa diupayakan langkah penanganannya tanpa harus konsumsi obat-obatan.