Kamis, 11 Oktober 2018

Menjadi seorang pemotong kayu sebenarnya sangat aman dan menyenangkan dilakukan jika kamu bisa mengikuti aturan dasar keamanannya. Aturan dasar keamanan tersebut juga hampir sebagain besar dapat dipahami dengan common sense, tapi terkadang hampir sebagian besar para pemotong kayu sudah melupakan berbagai aturan dasar keamanan ini yang mengakibatkan sebagian besar dari mereka melukai diri mereka sendiri. ikuti 5 safety rules dibawah ini maka dijamin pekerjaan memotong kayu kamu akan tetap aman dan baik-baik saja.

1. Peralatan Safety
Mata gergaji, debu kayu, hingga potongan kayu dapat melukai kamu dengan mudah. Dengan peralatan safety yang lengkap, kamu tidak perlu khawatir dengan semua itu. Peralatan safety yang bagus untuk pemotong kayu secara maksimal itu meliputi kacamata safety, sarung tangan safety, hingga sepatu safety yang dapat melindungi kamu dengan baik.   

2. Penggantian Mata Pisau
Poin ini merupakan poin yang paling sering dilupakan oleh para pemotong kayu. Hampir sebagian besar pemotong kayu selalu mengganti mata pisau mesin potong mereka pada saat mesin dalam keadaan tersambung listrik meski mesin tersebut sudah dalam keadaan off sekalipun. Kelalaian ini yang menyebabkan sering terjadinya kecelelakaan pada mesin peotong. Selalu mencabut kabel listrik pada mesin potong pada saat mengganti mata pisau mesin. Selalu.

3. Gunakan Mata Pisau Yang Tajam   
Mata pisau yang tumpul merupakan mata pisau yang berbahaya. Tidak hanya membuat sang pemotong kayu harus lebih bekerja keras tapi juga membuat mesin mengeluarkan tenaga yang keras juga. Alat pemotong dengan mata pisau yang tumpul juga memberikan hasil potong kayu yang kurang maksimal dan berantakan dibandingkan dengan mata pisau yang tajam.

4. Perhatikan Kayu
Tidak hanya memperhatikan keamanan diri sendiri dan mesinpotong kamu saja, kamu juga harus memperhatikan kayu yang akan kamu potong. Terutama kayu yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat outdoor furniture Selalu pastikan apakah pada kayu tersebut ada potong besi, paku, ataupun benda metal lainnya yang dapat berbenturan dengan mata pisau nantinya? hal ini harus diperhatikan terlebih lagi jika kamu menggunakan mesin pemotong, benda metal yang berbentur dengan mata pisau bisa terlempar ke arah lain yang bisa membahayakan dirimu dan juga orang lain.

5. Fokus
Pemotong kayu yang profesional selalu menyelesaikan pekerjaannya atau paling tidak mematikan mesin pemotongnya sebelum mengalihkan pandangannya ke yang lain. Teralihnya perhatian dalam penggunaan mesin pemotong bisa menyebabkan masalah yang tidak bisa terhindarkan.

Jika kamu berpikir kelima hal di atas merupakan aturan yang sederhana, kelak kamu akan terkejut dengan banyaknya para pemotong kayu yang melupakan aturan keamanan dasar diatas. Kesimpelan aturan tersebut sangat mudah dilupakan tapi sangat memiliki efek yang besar jika kita bisa mendisiplinkan diri kita untuk mengikuti aturan keamanan dasar tersebut.