Sabtu, 03 Maret 2018

Buah lemon menjadi salah satu varian jeruk yang banyak dinikmati, karena rasanya yang asam namun menyegarkan. Kandungan nutrisi satu lemon tanpa kulit yakni :
  • 17 kalori
  • 0,2 gram lemak
  • 0,6 gram protein
  • 51 % kebutuhan vitamin C harian
  • 5,4 gram karbohidrat (termasuk 1,6 gram serat dan 1,5 gram gula)
  • Serta sejumlah kecil zat thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga dan mangan.
Melihat dari nutrisi yang dimiliki buah lemon, faktanya lemon tak hanya nikmat disantap, namun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.
Manfaat lemon dalam bidang kesehatan mampu menjaga kesehatan tubuh anda. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut
Buah lemon dapat dilibatkan dalam urusan kebersihan gigi dan mulut, lemon bisa membantu menyembuhkan sakit gigi, serta bau tak sedap pada mulut baik karena gusi yang bengkak kemudian mengeluarkan darah atau nanah atau bau mulut karena faktor lainnya.

2. Melegakan Tenggorokan
Tak hanya jahe, lemon juga bisa membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Caranya campurkan lemon dan madu dalam segelas air hangat dan minum secara rutin.

3. Melancarkan Pencernaan
Manfaat lemon lainnya yang bisa didapat yakni melancarkan kerja sistem pencernaan sehingga kotoran atau limbah tubuh dapat keluar dengan lancar. Masalah pencernaan lain yakni maag ketika kambuh bisa diatasi dengan air perasan lemon.

4. Detoksifikasi Racun Tubuh
Dari makanan yang anda konsumsi, tentu tak semuanya memiliki kandungan nutrisi yang baik saja, tak jarang zat yang bersifat racun juga terbawa dan menumpuk pada tubuh. Lemon berperan membersihkan darah dan saluran cerna kemudian mendetoks racun untuk dikeluarkan bersama sisa metabolisme lain. Selain itu, 22 senyawa anti kanker yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Lemon juga terkenal karena sifat anti depresan maupun untuk  urusan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Menstabilkan tekanan darah tinggi
Bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, anda bisa dapatkan manfaat lemon untuk menstabilkan tekanan darah. Kalium yang dimiliki buah lemon selain mengontrol  tekanan darah juga meredakan pusing dan mual.

6. Menghentikan Pendarahan Internal
Zat antiseptik yang dimiliki lemon bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan pendarahan internal tubuh, misalnya mimisan. Untuk menghentikan mimisan cukup celupkan kapas  steril ke air lemon kemudian gunakan untuk disumpal ke rongga hidung.

7. Menurunkan berat badan
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of the American College of Nutrition” tahun 2005, menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang diserap tubuh menimbulkan suatu reaksi kimia yang memecah lemak tubuh menjadi energi, sehingga minum jus lemon rutin setiap hari mampu membantu menurunkan berat badan.

Selain pada bidang kesehatan, manfaat lemon juga bisa didapatkan untuk urusan kecantikan tubuh, diantaranya :
1. Mengatasi masalah kulit wajah
Kulit kusam dan berjerawat bisa diatasi dengan buah lemon yang kaya vitamin C agar lebih cerah. Anda cukup mencampurkan air perasan lemon dengan madu murni lalu aplikasikan sebagai masker paling tidak 3 kali seminggu. Cara ini juga dilakukan untuk merawat pori-pori besar.

2. Mengatasi tumit dan lutut kering
Gosokkan potongan buah lemon ke lutut dan tumit kemudian biarkan sampai meresap. Ulangi setiap hari.

3. Menghilangkan ketombe
Campurkan air lemon dengan minyak zaitun, balurkan ke seluruh rambut dan kulit kepala, biarkan 15 menit lalu bilas bersih. manfaat lemon yang didapatkan adalah ketombe yang berkurang dan minyak zaitunnya melembabkan rambut.

Semoga informasi di atas mengenai manfaat lemon bisa bermanfaat.