Minggu, 13 Agustus 2017

Buah yang terkenal lezat rasanya ini, ternyata menyimpan beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Dalam alpukat terkandung banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh, dan beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut :

1. Memelihara kesehatan mata
Alpukat memiliki kadar lutein yang terbanyak dibandingkan buah-buahan lain. Lutein sendiri merupakan antioksidan alami yang menjaga kesehatan mata dan menghindarkannya dari kelainan mata, terutama pada usia lanjut.

Penglihatan di masa tua yang baik bisa didapat dengan rutin mengonsumsi alpukat, sebab kadar lutein yang terdapat di dalamnya akan memperkecil resiko katarak dan degenerasi macula mata.

2. Mempercepat penyerapan nutrisi
Suatu penelitian dengan dua orang yang memakan salad yang salah satunya dimasukkan alpukat sementara satunya lagi tidak, kemudian setelah dicek ternyata orang yang makan salad dengan alpukat penyerapan nutrisinya lima kali lebih baik ketimbang yang tidak. Jadi ternyata benar bahwa manfaat buah alpukat dapat mempercepat penyerapan nutrisi.

3. Menurunkan kolesterol
Penyakit parah karena berlebihnya kadar lemak darah (kolesterol) seperti gagal jantung, Xanthomas, serta Familial Hypercholesterolemia daripada kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh bisa dihindari dengan banyak mengonsumsi alpukat.

Pada satu penelitian terhadap 45 orang berkolesterol tinggi, didapatkan hasil bahwa mereka yang memakan alpukat rutin selama seminggu mengalami penurunan kadar kolesterol sampai 17% tanpa mengurangi HDL.

4. Menghambat Perkembangan sel kanker
Setiap manusia sebenarnya memiliki sel kanker dalam tubuhnya yang sewaktu-waktu bisa tumbuh tergantung kondisi  kesehatan. Kaitannya dengan manfaat buah alpukat, beberapa senyawa yang terkandung dalam buah alpukat mampu menghambat sel kanker untuk tumbuh, dan bekerja menghancurkan sel kanker yang baru tumbuh tanpa mengganggu sel aktif lain pada tubuh.

5. Sumber potassium yang baik
Potassium merupakan suatu mineral yang dibutuhkan oleh syaraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, serta proses fisiologis yang penting lainnya. Sehingga sangat dibutuhkan setiap orang terutama pada ibu hamil demi  perkembangan otak janin dan untuk para balita. Sebelumnya, buah yang diklaim memiliki potassium tertinggi  adalah pisang, namun ternyata alpukat memiliki dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pisang. Manfaat buah alpukat karena potassiumnya yang lain yakni:
•    Menurunkan tekanan darah tinggi
•    Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh
•    Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness

6. Penurunan berat badan
Avocado Central menjelaskan, proses penurunan berat badan bisa dibantu dengan buah alpukat. Pasalnya buah ini bebas kolesterol dan rendah kalori serta dapat menggantikan sumber lemak lain. Alpukat akan menyumbang sekitar 20 vitamin, mineral, dan fito-nutrien yang mendukung diet rendah kalori. Selain itu buah nan lezat ini akan membantu anda untuk tetap merasa kenyang.

7. Baik  untuk bayi
Baik bayi  yang masih dalam kandungan, bayi yang sedang disusui atau yang mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI perlu mendapat asupan nutrisi dari alpukat, ketika dalam kandungan dan menyusui ibu lah yang harus rutin mengkonsumsi  alpukat,  sedangkan  untuk yang sudah mulai diberi makanan pendamping ASI bisa diberikan alpukat karena teksturnya yang lembut juga cocok untuk bayi.

Memberikan alpukat pada bayi dimaksudkan manfaat buah alpukat untuk kecerdasan anak, membangun jaringan otot anak dan jaringan tubuh lainnya bisa diperoleh.

8. Sumber lemak tak jenuh
Bila anda tahu alpukat mengandung banyak lemak dan mengurungkan niat untuk mengonsumsinya karena takut gemuk, maka anggapan tersebut salah. Sebab lemak yang dimiliki alpukat adalah lemak tak jenuh, yang justru bagus untuk memelihara kesehatan jantung.